Jumat, 11 April 2014

10 Kota paling berpolusi di dunia

Beberapa kota di dunia memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi. Tingkat polusi yang dimaksudkan di sini berdasarkan tingkat pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara, dan pencemaran lainnya. Tentu saja hal-hal tersebut akan mengganggu kehidupan kita. Beberapa akibat dari polusi adalah hidup yang tidak higienis, bakteri bersebaran di mana-mana, air yang kotor, asap kendaraan dan pabrik yang tebal, pernapasan kita menjadi tidak sehat, hidup menjadi tidak nyaman, dan lain-lain. Nah, kota manakah sih sebenarnya yang paling berpolusi si dunia? Berikut adalah 10 kota yang paling berpolusi di dunia.

10) Lagos, Nigeria
Ibukota dan kota terbesar di Nigeria ini ternyata merupakan salah satu kota yang paling berpolusi di dunia. Berdasarkan berbagai sumber medis, penyakit pernapasan karena polusi udara telah menjadi salah satu masalah besar bagi rumah sakit-rumah sakit di kota ini. Berdasarkan penelitian di Universitas Kedokteran Lagos, sekitar seperlima dari seluruh penyakit yang dikeluhkan oleh pasien-pasien di rumah sakit dalam dua tahun terakhir terkait dengan masalah pernapasan. Kota ini memiliki saluran pembuangan air yang buruk. Perbuatan pembakaran sampah yang menyebabkan polusi udara di kota ini juga tidak ditindak lanjuti dengan benar.

9) Karachi, Pakistan
Karachi merupakan kota terbesar dan pusat bisnis bagi Pakistan. Walaupun di satu sisi kota ini merupakan kota bisnis dan industri utama Pakistan, namun di satu sisi kota ini merupakan salah satu kota dengan tingkat pencemaran suara dan polusi yang sangat berat. Polusi yang sangat berat membuat sekitar 35persen warga kota ini dipengaruhi oleh berbagai penyakit termasuk jantung,paru-paru, THT, kulit, mata dan penyakit psikologis. Penyebab utama polusi di kota ini adalah asap kendaraan bermotor. 

8) Dhaka, Bangladesh
Dhaka merupakan ibukota dan kota terbesar di Bangladesh. Kota ini memiliki masalah besar dengan pencemaran udara dan air. Anda dapat dengan sangat mudah menemukan sampah-sampah di jalanan dan sungai yang mengaliri pusat kota ini. Polusi udara telah menjadi masalah yang serius bagi kota ini. Beberapa daerah di kota ini terkadang dipenuhi dengan asap tebal yang dapat mengurangi jarak penglihatan. Pemerintah kota Dhaka juga bergerak lambat dalam menangani masalah besar yang satu ini.

7) Kota Meksiko, Meksiko
Kota Meksiko yang dulunya merupakan salah satu kota terindah dan terbersih di dunia, telah berubah menjadi salah satu kota terkotor di dunia. Pada tahun 1940, rata-rata jarak pandang di kota ini dapat mencapai 100 km. Namun setelah polusi udara menghantui kota ini, rata-rata jarak pandang kota ini turun drastis mencapai 1,5 km. Dulu, pegunungan bersalju yang terletak di sekitar kota tampak sangat indah jika dilihat dari pusat kota. Sekarang, pegunungan tersebut sangat jarang terlihat, dan hanya tampak jika udara sedang bersih dan cuaca cerah. Walau begitu, pemerintah kota telah banyak membantu membangun ruang hijau di sudut-sudut kota.

6) New Delhi, India
Ibukota India ini merupakan salah satu kota yang paling berpolusi di dunia. Sampah dan limbah yang terbawa arus sungai membuat warga yang biasa beraktivitas dan tinggal di sekitar sungai terganggu. Hal itu juga menyebabkan tingginya tingkat morbiditas bayi di kota ini. Pertumbuhan pesat industri dan tingkat urbanisasi yang tinggi semakin membuat pemerintah kota New Delhi kewalahan dalam menghadapi masalah polusi di kota ini. Tak hanya polusi, sampah juga menjadi masalah utama bagi kota ini. Wilayah perairan kota ini banyak yang sudah tercemar limbah-limbah pabrik.

5) Mumbai, India
Mumbai merupakan salah satu kota terbesar, tersibuk, dan teramai di dunia. Jadi, jangan heran jika anda dapat dengan sangat mudah menemukan sampah yang berserakan di jalanan kota. Tak hanya sampah, polusi juga menjadi masalah utama kota ini. Asap pabrik yang bertebaran di udara dapat membunuh orang-orang secara bertahap. Walaupun begitu, berbagai organisasi sosial telah berusaha untuk membantu mengurangi berbagai permasalahan di kota ini seperti polusi dan sampah. Baru-baru ini berdasarkan laporan dari Vision Mumbai, pemerintah India akan mengeluarkan dana mencapai lebih dari 1 miliar dollar AS untuk mengontrol polusi, perbaikan infrastuktur, dan pengembangan strategi ekonomi.

4) Baghdad, Irak
Dijuluki sebagai negeri Seribu Satu Malam, Baghdad dulu merupakan salah satu kota yang paling berkualitas di dunia. Berbagai pertukaran dan pencampuran budaya, adat, seni, dan lain-lain terjadi di sini. Orang-orang pintar menuntut ilmunya di sini. Sekarang, kota ini merupakan salah satu kota yang paling berbahaya di dunia, karena kerap kali terjadi pengeboman dan perang. Kualitas air yang buruk mengganggu warga yang tinggal dan beraktivitas di sungai. Pencemaran udara di Baghdad disebabkan oleh asap pabrik, kendaraan bermotor, dan lain-lain.

3) Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
Brunei Darussalam merupakan negara yang dikelilingi oleh Malaysia. Negara ini terkenal akan masjid, wisata sungai, minyak, dan gas alamnya. Walaupun merupakan negara yang makmur, Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang paling berpolusi di dunia. Di negara ini, sangat jarang ditemukan pusat-pusat penelitian. Walaupun secara keseluruhan kota ini memiliki udara yang bersih, di beberapa tempat polusi udara sangat mendominasi.

2) Moskow, Rusia
Ibukota dan kota terbesar di Rusia ini merupakan salah satu kota termahal di dunia. Walaupun biaya air di kota ini sangat mahal, bukan berarti kualitas airnya bagus. Beberapa sudut kota ini memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi, yang dapat dengan cepat menyerang paru-paru.

1) Maputo, Mozambik
Nah ini dia kota yang paling berpolusi di dunia. Maputo merupakan ibukota dan kota terbesar di Mozambik. Kota ini terletak di tepi Samudera Hindia. Kurangnya sarana dan prasarana kebersihan yang memadai membuat kota ini menjadi kota yang paling berpolusi. Perbukitan sampah yang berserakan dapat dengan sangat mudah ditemukan di jalanan kota ini. Terkadang banjir merusak bangunan dan tiang-tiang telegraf. Bahkan terkadang, banjir juga membuat sebagian kota ini terlihat seperti berada di bawah air. Lapangan yang berguna sebagai tempat tinggal warga sekarang telah tampak seperti rawa.

Related Posts

10 Kota paling berpolusi di dunia
4/ 5
Oleh