Rabu, 28 Mei 2014

5 Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Menarik

 Kota Pekanbaru yang menjadi Ibukota Propinsi Riau mempunyai beberapa bangunan menarik dengan arsitektur ciri khas Melayu dan diantaranya adalah bangunan Balai Adat Melayu Riau yang lokasinya berada di jalan Diponegoro. Wisata di Pekanbaru memang tidak sepopuler wisata Jogja ataupun wisata Bali, namun di kota ini terdapat bangunan-bangunan menarik yang dapat Anda jadikan tujuan wisata, bahkan diantaranya adalah wisata gratis.

Setelah beberapa waktu lalu blog Info Tempat Wisata mengulas beberapatempat wisata di Padang, kali ini masih di sekitar pariwisata yang terdapat di Pulau Sumatera yaitu ulasan tentang beberapa tempat wisata di Pekanbaru Riau. Wisata Religi berupa masjid yang terdapat di kota Pekanbaru juga tidak kalah menariknya dari wisata Medan, dan wisata alamnya juga tak kalah indahnya dari wisata Sukabumi Jawa Barat.

Berikut ini adalah daftar beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang dapat Anda jadikan tempat untuk liburan bersama keluarga ketika sedang berkunjung ke kota Pekanbaru.

1. Masjid Agung An-Nur, Wisata Religi paling Megah di Riau
Masjid Agung An-Nur, Wisata Religi paling Megah di Riau
Masjid Agung An-Nur, Wisata Religi paling Megah di Riau
Masjid Agung An-Nur Riau ini lokasinya berada di pusat kota Pekanbaru, lebih tepatnya lagi di Jalan Hang Tuah dan merupakan mesjid propinsi yang memiliki bentuk bangunan menarik dengan dilengkapi tiang-tiang besar dan tinggi yang melambangkan keagungan dan kebesaran-Nya. Disini terdapat fasilitas yang lengkap sebagai sebuah Islamic Centre dan juga dilengkapi dengan taman yang indah dan luas. Masjid Agung An-Nur ini juga merupakan masjid paling megah di propinsi Riau Saat ini. Selain fungsinya menjadi fasilitas untuk beribadah, masjid ini juga difungsikan sebagai pusat kegiatan para remaja masjid se propinsi Riau yang khususnya adalah kota Pekanbaru.

2. Anjungan Seni Idrus Tintin, Seni dan Budaya Pekanbaru
Anjungan Seni Idrus Tintin, Seni dan Budaya Pekanbaru
Anjungan Seni Idrus Tintin, Seni dan Budaya Pekanbaru
Anjungan Seni Idrus Tintin ini berdiri megah di sebuah Arena Purna MTQ yang sekarang namanya berubah menjadi kompleks Bandar serai Jalan Sudirman kota  Pekanbaru dan merupakan salah satu wonder building di kota Pekanbaru. Dengan memiliki ciri khas bangunan melayu Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin ini tampak lebih mirip dengan Istana dari pada sebuah tempat pertunjukan seni. Dengan memiliki ketinggian yang setara dengan gedung tiga lantai bangunan ini berdiri menjulang tinggi dengan mempunyai nilai estetika mengagumkan. jika Anda memiliki kesempatan untuk dapat masuk ke dalamnya Anda akan bisa melihat terawangan yang begitu tinggi mengarah ke langit-langit gedung ini.

3. Perpustakaan Soeman H.S, Taman Baca di Pekanbaru
Perpustakaan Soeman H.S, Taman Baca di Pekanbaru
Perpustakaan Soeman H.S, Taman Baca di Pekanbaru
Perpustakaan Soeman H.S ini adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mencari referensi lengkap untuk berbagai karya tulis dan juga penelitian. Perpustakaan Soeman H.S. yang berada di kota Pekanbaru ini juga merupakan sebuah perpustakaan yang paling lengkap di provinsi Riau. Perpustakaan ini diresmikan oleh Wakli presiden Jusuf Kalla pada tahun 2008. Setiap harinya, perpustakaan yang megah yang mempunyai 6 lantai ini dikunjungi oleh lebih dari sekitar 1.000 orang. Bentuk dari arsitektur bangunan Perpustakaan Soeman H.S ini sangat unik dan mirip seperti sebuah buku yang terbuka. Mungkin karena itulah Perpustakaan Soeman H.S ini tidak hanya dikunjungi oleh pelajar, peneliti, dan cendekiawan, akan tetapi juga para wisatawan di kota Pekanbaru.

4. Alam Mayang, Wisata Alam di Pekanbaru
Alam Mayang, Wisata Alam di Pekanbaru
Alam Mayang, Wisata Alam di Pekanbaru
Alam Mayang merupakan salah satu tempat rekreasi paling top kota Pekanbaru dan bukan hanya sebagai tempat untuk orang yang suka memancing saja, akan tapi juga terdapat berbagai macam sarana lain seperti futsal, tempat makan-makan, dan juga tempat untuk melepas lelah dan penat. Pada awalnya Alam Mayang memang sengaja disiapkan sebagai salah satu tempat tujuan wisata andalan di kota Pekanbaru, Alam Mayang ini lokasinya berada di Jl. H. Imam Munandar, Kecamatan Bukit Raya, kurang lebih jaraknya sekitar 8 Km jika Anda dari pusat kota Pekanbaru. Alam Mayang merupakan nama dari sebuah kolam atau sarana tempat pemancingan ikan yang lokasinya berada di 8 km jalan Harapan Raya, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, kota Pekanbaru.

5. Masjid Raya Pekanbaru, Wisata Sejarah
Masjid Raya Pekanbaru, Wisata Sejarah
Masjid Raya Pekanbaru, Wisata Sejarah
Masjid ini merupakan sebuah masjid yang tertua di Kota Pekanbaru. Masjid ini pertama kaliya dibangun pada sekitar abad VIII dan merupakan sebuah bukti Kerajaan Siak yang pernah berdiri di kota Pekanbaru pada pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah serta Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai seorang sultan keempat dan kelima dari Kerajaan Siak Sri Indrapura. Di areal Masjid ini juga terdapat sebuah sumur yang mempunyai nilai magis yang biasanya untuk membayar zakat atau nazar yang sebelumnya sudah dihajatkan. Masih di dalam areal kompleks masjid, disini Anda juga bisa mengunjungi makam Sultan Marhum Bukit dan Marhum Pekan yang merupakan pendiri kota Pekanbaru.

Demikianlah ulasan dari tempat wisata di Pekanbaru yang merupakan ibukota dari propinsi Riau yang dapat kami sajikan untuk Anda yang ingin mencari referensi untuk liburan ke kota Pekanbaru. 

Related Posts

5 Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Menarik
4/ 5
Oleh